Perbedaan Pendekatan Pembelajaran dan Strategi Pembelajaran_Belajar|Proses


 Perbedaan pendekatan pembelajaran dan strategi pembelajaran:

oke teman-teman bertemu kembali dalam layar 2 dimensi, kali ini sekedar pembahasan singkat ya mengenai perbedaan pendekatan pembelajaran dan strategi pembelajaran.

selamat membaca dan memahami




a.       Pendekatan pembelajaran: istilah pendekatan dapat diartikan sebagai cara untuk memulai pembelajaran. Pendekatan pembelajaran digunakan sebagai bahan kajian yang akan terus berkembang. Pendekatan pembelajaran digambarkan sebagai kerangka umum tentang skenario yang digunakan guru untuk membelajarkan siswa dalam rangka mencapai suatu tujuan pembelajaran (Majid, 2013; 20). Konsep dalam pendekatan pembelajaran ini adalah sudut pandang yang digunakan oleh paradigm (Purwanto, 2017; 42). Jadi, dalam hal ini pendekatan pembelajaran lebih kepada titik tolak atau sudut pandang kita terhadap proses pembelajaran. Pendekatan sendiri dibagi menjadi dua, yaitu pendekatan yang berpusat pada guru dan pendekatan yang berpusat pada peserta didik.
Sedangkan perbedaan konsep antara strategi pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran adalah:
b.      Strategi Pembelajaran: setiap pendekatan yang akan atau telah dilakukan akan berpengaruh terhadap jenis strategi yang akan diimplementasikan dalam merencanakan keseluruhan pembelajaran. Contoh: misalnya pendekatan yang digunakan menggunakan ekspositorik, maka kemungkinan strategi yang digunakan adalah: ceramah, concept attainment, dan tanya jawab. Strategi pembelajaran ini merupakan tahap lanjutan atau eksekusi lanjutan setelah ditentukannya pendekatan pembelajaran yang tepat (sesuai dengan karakeristik peserta didik) untuk menentukan bentuk atau model pembelajaran. strategi pembelajaran ini merujuk kepada rencana kegiatan berupa langkah-langkah dalam pembelajaran serta pemanfaatan berbagai sarana dan prasarana untuk mencapai suatu tujuan (Hadratullah,dkk., 2014).
Dalam implementasinya guru harus mampu memilih pendekatan dan menerapkan strategi serta model pembelajaran yang sesuai dengan karakeristik materi sehingga mampu mengembangkan daya nalar peserta didik secara optimal. Strategi belajar yang diterapkan guru akan memberi pengaruh besar bagi siswa dalam menerima materi yang disampaikan.

Daftar Pustaka

-          - Majid, Abdul. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.
-          - Wiryawan, Sri Anitah, dan Noorhadi. 1999. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: UT.
-           -  Purwanto, Edy. 2017. Strategi Pembelajaran Bidang Studi Geografi. Yogyakarta: Penerbit Ombak.
-    - Hadratullah, Trisno Martono, dan Yunastiti Purwaningsih. 2014. Pengembangan Strategi Pembelajaran Melalui Model Kooperatif Tipe Group Investigation Berbantuan Flip Chart Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X MA Nurul Iman Dasan Makam Lombok Timur. Dari https://media.neliti.com/media/publications/120120-ID-pengembangan-strategi-pembelajaran-melal.pdf.
                                                                                                                                                                             Semoga bermanfaat ya... Enjoy :)








Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Sampel Minimal Dalam Analisis Data

Penginderaan Jauh-ENVI |NDVI (Normalized Difference Vegetation Indeks)

Pantai Pandawa