Perbedaan Pendekatan Pembelajaran dan Strategi Pembelajaran_Belajar|Proses
Perbedaan
pendekatan pembelajaran dan strategi pembelajaran:
selamat membaca dan memahami
a. Pendekatan
pembelajaran: istilah pendekatan dapat diartikan sebagai cara untuk memulai
pembelajaran. Pendekatan pembelajaran digunakan sebagai bahan kajian yang akan
terus berkembang. Pendekatan pembelajaran digambarkan sebagai kerangka umum
tentang skenario yang digunakan guru untuk membelajarkan siswa dalam rangka
mencapai suatu tujuan pembelajaran (Majid, 2013; 20). Konsep dalam pendekatan
pembelajaran ini adalah sudut pandang yang digunakan oleh paradigm (Purwanto,
2017; 42). Jadi, dalam hal ini pendekatan pembelajaran lebih kepada titik tolak
atau sudut pandang kita terhadap proses pembelajaran. Pendekatan sendiri dibagi
menjadi dua, yaitu pendekatan yang berpusat pada guru dan pendekatan yang
berpusat pada peserta didik.
Sedangkan
perbedaan konsep antara strategi pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran
adalah:
b. Strategi
Pembelajaran: setiap pendekatan yang akan atau telah dilakukan akan berpengaruh
terhadap jenis strategi yang akan diimplementasikan dalam merencanakan
keseluruhan pembelajaran. Contoh: misalnya pendekatan yang digunakan
menggunakan ekspositorik, maka
kemungkinan strategi yang digunakan adalah: ceramah, concept attainment, dan tanya
jawab. Strategi pembelajaran ini merupakan tahap lanjutan atau eksekusi
lanjutan setelah ditentukannya pendekatan pembelajaran yang tepat (sesuai
dengan karakeristik peserta didik) untuk menentukan bentuk atau model
pembelajaran. strategi pembelajaran ini merujuk kepada rencana kegiatan berupa
langkah-langkah dalam pembelajaran serta pemanfaatan berbagai sarana dan
prasarana untuk mencapai suatu tujuan (Hadratullah,dkk., 2014).
Dalam implementasinya guru harus mampu memilih
pendekatan dan menerapkan strategi serta model pembelajaran yang sesuai dengan karakeristik
materi sehingga mampu mengembangkan daya nalar peserta didik secara optimal. Strategi
belajar yang diterapkan guru akan memberi pengaruh besar bagi siswa dalam menerima
materi yang disampaikan.
Daftar
Pustaka
- - Majid, Abdul. 2013. Strategi
Pembelajaran. Bandung: Remaja
Rosdakarya Offset.
- - Wiryawan, Sri Anitah, dan Noorhadi.
1999. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta:
UT.
- - Purwanto, Edy. 2017. Strategi
Pembelajaran Bidang Studi Geografi. Yogyakarta:
Penerbit Ombak.
- - Hadratullah, Trisno Martono, dan
Yunastiti Purwaningsih. 2014. Pengembangan Strategi Pembelajaran Melalui Model Kooperatif Tipe Group Investigation
Berbantuan Flip Chart Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Siswa
Kelas X MA Nurul Iman Dasan Makam Lombok Timur. Dari https://media.neliti.com/media/publications/120120-ID-pengembangan-strategi-pembelajaran-melal.pdf.
Semoga bermanfaat ya... Enjoy :)
enjoy
ReplyDelete